SOAL ESSAY ALGORITMA
Assalamualaikum Wr. Wb
Pada kesempatan kali ini saya akan menjawab soal dan pertanyaan dari guru saya
ini soalnya :
Jawablah pertanyaan soal essay di bawah ini di blog masing masing!
1. Apakah yang dimaksud algoritma dan perancangan algoritma?
Algoritma adalah kumpulan langkah - langkah instruksi yang digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau persoalan. Algoritma tersebut akan diterjemahkan menjadi kode - kode program yang kemudian di kompilasi, diinstal, dan dijalankan oleh komputer. Algoritma digunakan untuk memastikan apa yang kita inginkan untuk dijalankan oleh komputer diterjemahkan ke dalam program yang benar sehingga komputer bekerja sesuai dengan yang diinginkan.
2. Ada 2 cara yg dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!
Pseudocode dan Flowchart
Pseudocode adalah rangkaian insruksi yang menggambarkan langkah - langkah untuk menyelesaikan permasalahan.
Flowchart adalah diagram yang mewakili kumpulan dari nstruksi - instruksi yang ditampilkan menggunakan simbol standar untuk menggambarkan instruksi instruksi yang berbeda-beda. Simbol standar yang digunakan pada flowhart dapat dilihat di gambar di bawah
3. Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya!
START
Move 'Posisi Awal'
WRITE 'I'
Move 'Posisi Awal'
WRITE 'A'
Move 'Posisi Awal'
WRITE 'M'
Move 'Posisi Awal'
WRITE 'P'
MOVE 'Posisi Awal'
WRITE 'R'
MOVE 'Posisi Awal'
WRITE 'O'
MOVE 'Posisi Awal'
WRITE 'G'
MOVE 'Posisi Awal'
WRITE 'R'
MOVE 'Posisi Awal'
WRITE 'A'
MOVE 'Posisi Awal'
WRITE 'M'
MOVE 'Posisi Awal'
WRITE 'M'
MOVE 'Posisi Awal'
WRITE 'E'
MOVE 'Posisi Awal'
WRITE 'R'
END
Selanjutnya algoritma diterjemahkan menjadi kode program. Langkah - langkah membuat suatu program robot visual yang mampu menuliskan kata/kalimat adalah sebagai berikut.
1. Jalankan program RoboMind
2. Untuk memilih map yang sesuai, dari menu File, klik permintaan Open Map. Kotak dialog Open akan ditampilkan.
3. Pilihlah Map yang sesuai, dalam hal ini OpenArea. Map baru akan ditampilkan di jendela RoboMind.
4. Pada program ini, beberapa huruf akan digunakan secara berulang, seperti huruf A, M dan R. Oleh karena itu, perintah menuliskan huruf tersebut akan ditempatkan dalam bentuk Procedure sehingga dapat dipanggil berulang - ulang dan kita tidak perlu meuliskan kode yang sama berulang kali.
Procedure a()
{
PaintWhite
Forward(2)
Right
Forward(2)
Backward
Right
Forward(2)
StopPainting
}
Procedure M()
{
PaintWhite
Forward(2)
Right
Forward(1)
Right
Forward(1)
Backward(1)
Left
Forward(1)
Right
Forward (2)
StopPainting
}
Procedure R()
{
PaintWhite
Forward(2)
Right
Forward(2)
Right
Forward
Right
Forward(2)
Backward(1)
Left
Forward
StopPainting
}
5. Tambahkan kode berikut untuk menempatkan robot di posisi awal untuk menuliskan huruf I
Forward (3)
Left
Forward (8)
Right
6. Tambahkan kode berikut untuk memerintahkan robot menuliskan huruf I
#Huruf I
PaintWhite
Forward
StopPainting
7. Tambahkan kode berikut, untuk menempatkan robot di posisi awal untuk menuliskan huruf A.
Right
Forward(2)
Left
Backward(2)
8. Tambahkan kode berikut untuk memerintahkan robot menuliskan huruf A. Dalam hal ini, kita akan menuliskan huruf A dengan cara memanggil Procedure A
9. Tambahkan kode program untuk huruf - huruf yang lain. kode program selanjutnya adalah sebagai berikut.
10. Untuk melihat apakah kode berjalan dengan baik, jalankan program tersebut.
11. Jika program sudah bekerja dengan baik, simpanlah pekerjaan kamu
Selesai.
4. Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap!
variabel digunakan oleh program untuk menangkap, menyimpan, memanipulasi, dan menampilakan nilai. Variabel disini sama dengan yang ada di matematika yang membedakan adalah di matematika berupa angka di program tidak hanya angka yang disebut variabel.
Tipe data adalah tempat menentukan nilai seperti apa yang dapat disimpan oleh variabel tersebut.
di visual pemrograman scratch ada tiga tipe data yaitu Tipe data numerik, Tipe data teks atau string dan tipe data boolean.
5. Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah algoritmanya!
Pembuatan variabel atau deklarasi variabel di C++ dapat kita
lakukan seperti ini:
string nama; int umur; char jenis_kelamin;
Tipe datanya ditulis terlebih dahulu, lalu diikuti dengan
nama variabelnya.
Variabel-variabel di atas akan menyimpan nilai null
(kosong), karena belum kita isi.
Kita juga dapat membuat variabel dengan mengisinya langsung.
Contoh:
string nama = "Petani Kode";
float tinggi = 172.43;
6. Jelaskan tiga tipe data yang dapat digunakan di scratch!
1. Tipe data Boolean
Penjelasan : Hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa True/False.
2. Tipe data Numerik
Penjelasan : Hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa bilangan/angka.
3. Tipe data Teks/String
Penjelasan : Hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa teks.
7. Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks!
Tipe data Numerik
Penjelasan : Hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa bilangan/angka.
Tipe data Teks/String
Penjelasan : Hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa teks.
8. Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind!
Forward ( 3 )
Forward ( 2 )
Left
Backward ( 2 )
#Huruf A
A ( )
Backward ( 3 )
Right
Backward
#Buat Huruf N
N ( )
Left
Forward ( 2 )
Left
#Huruf S
S ( )
9.Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan!
Untuk menyimpan nilai yang berupa True/False.
10.Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind.
Forward ( 3 )
Left
Forward ( 8 )
Right
#Huruf H
H ( )
Selamat mengerjakan soal di atas dengan penuh keceriaan dan pastikan bahwa kamu sudah membaca bukunya sebelum menjawab soal.
Salam Blogger Persahabatan
jangan lupa mampir ke blog guru saya, http://wijayalabs.com/
Abdullah Hafiz
Murid SMP Labschool Jakarta
Comments
Post a Comment